Rabu, 20 Oktober 2010

Asterix Prajurit Romawi

Asterix Prajurit Romawi
Tokoh-tokoh Galia :


• Asterix adalah tokoh petualangan ini. Ia seorang prajurit yang cerdik dan cekatan. Tugas-tugas yang sangat berbahaya dipercayakan padanya tanpa ragu ragu. Asterix memperoleh kekuatan yang luar biasa dari ramuan khasiat buatan dukun Panoramix.
• Obelix adalah sahabat karib Asterix. Pekerjaan nya sehari hari, mengantar pesanan batu menhir dan menggemari babi panggang. Ia bersedia meninggalkan segalanya untuk mengikuti asterix dalam petualangan baru. Syarat mutlak : BABI PANGGANG DAN PERTEMPURAN YANG SERU!!!
• Panoramix adalah dukun terpercaya di desa itu. Ia memetokkan benalu untuk membuat ramuan-ramuan yang berkhasiat. Puncak keberhasilannya adalah ramuan yang member tenaga dalam luar biasa bagi manusia yang mereguknya. Selain itu Panoramix masih memiliki resep-resep lain.
• Assurancetourix adalah seorang penyanyi. Ada dua macam pendapat mengenai bakatnya. Ia sendiri menganggap dirinya sangat berbakat, sedangkan yang lain sama sekali tidak menganggapnya. Namun ia dapat menjadi kawan yang menyenangkan dan disukai, yaitu bila ia diam saja.
• Yang terakhir adalah Abraracourcix yaitu pemimpin masyarakat desa ini. Prajurit tua yang gagah ini seorang pemberani yang bijaksana. Ia dihormati anak buah nya dan ditakuti musuhnya. Abraracourcix hanya takut satu hal yaitu bahwa langit akan runtuh menimpanya. Tetapi seperti biasa ia selalu mengatakan : “HARI KIAMAT BUKAN ESOK HARI”.

Cuaca cerah dan suasana tentram di desa kecil Galia yang telah kita kenal baik. Asterix dan Obelix pun berencana untuk berburu babi hutan. Diperjalanan mereka berdua bertemu dengan Falbala. Obelix yang terpesona melihan Falbala akhirnya dia tidak melihat kea rah depan, akhirnya Obelix menabrak pohon, hingga pohon itu tumbang. Ternyata diatas pohon tersebut ada panoramix yang sedang memetik daun benalu, ia pun langsung memarahi Obelix.
Hasil perburuan mereka berdua lumayan mendapatkan 4 ekor babi. Obelix bertemu lagi dengan Falbala, seperti terkena hipnotis Obelix pun seperti orang yang lupa tujuan. Akhirnya mereka memanggang babi tersebut, Asterix memakan I ekor dan Obelix memkan 2 ekor. Tapi ntah kenapa saat Asterix menyuruh Obelix menghabiskan bangi panggang yang ketiga, Obelix terlihat tidak semangat dan ia terus menghela napas. Asterix pun memutuskan untuk bertemu panoramix.
Diperjalana Asterix dan Panoramix bertemu dengan Falbala, mereka bertiga akhirnya berbincang-bincang. Lalu Obelix berjalan melewati mereka, Asterik memanggil Obelix dan menanyakan tujuan Obelix. Panoramix memanggil falbala, Obelix lagi-lagi seperti tersihir oleh kehadiran Falbala. Asterix dan Panoramix tiba-tiba tertawa sangat kencang, ternyata Obelix jatuh cinta dengan falbala.
Asterix member saran pada Obelix agar memberikan Falbala hadiah. Obelix menyetujui usulan sahabatnya tersebut. Betapa kagetnya asterix setelah melihat apa yang ingin diberikan obelix pada Falbala. Sebuah batu yang sangat besar yang ada pita warna merahnya. Asterix menyarankan Obelix agar memberikan hadiah yang manis untuk seorang gadis. Seperti puisi atau bunga. Obelix langsung pergi ke hutan untu mencari bunga.
Pada saat yang sama, dalam hutan sebuah patrol romawi sedang bergerak maju dengan sangat waspada, demi Yupiter. Mereka pun berhati hati agar tidak bertemu dengan orang galia dan mereka berssembunyi dibalik pohon yang besar yang terdapat bunga-bunga yang akan dipetik oleh Obelix. Tetapi sial bagi mereka, Obelix menemukan mereka dan langsung menceraiberaikan para pengganggu itu.
Asterix menemani Obelix kerumah Falbala untuk memberikan bunga itu. Akan tetapi, disaat yang sama falbala menerima surat dari Tragicomix yang notabene adalah tunangan Falbala dan mereka semestinya menikah. Hancur berkeping-keping hati obelix mendengar cerita itu. Dia berusaha untuk tegar dan ingin membantu falbala agar tragicomic segera kembali.
Asterix, Obelix, dan panoramix bertemu dengan Abraracourcix. Asterix bertanya mengapa orang romawi mengerahkan orang-orang Galia ke dalam pasukannya? Abraracourcix mengatakan bahwa Julius Caesar mengalami kesulitan di Afrika, disana ia berperang melawan musuhnya, orang-orang Romawi dari pihak Pompei.
Asterix dan yang lain akan segera berangkat ke Condate untuk mencari pemuda Tragicomic, sebelum ia berangkat ke Afrika. Panoramix tidak lupa memberikan ramuan berkhasiat pada Asterix. Dan tibalah saat keberangkatan…
Setelah perjalanan yang singkat dan aman, Asterix dan Obelix harus menemukan markas besar Legiun Romawi dan mereka berdua menemukan nya. Tetapi saat sampai didepan gerbang, mereka dilarang masuk karena mereka harus antri seperti tentara Galia yang lain. Setelah mencari tau tentang keberadaan Tragicomix, ternyata dia sudah berangkat ke Afrika. Asterix memberi ide agar mereka bergabung dengan Legiun, karena hanya itu jalan satu-satunya untuk menyelamatkan Tragicomix.
Kedua sahabt inipun mendaftarkan diri untuk menggabungkan diri di Legiun, mereka diharuskan menjalani tes kesehatan guna mengetahui apa cukup sehat untuk menjadi Legiuner. Asterix dan Obelix pun lulus tes kesehatan tersebut. Mereka mendapatkan pakaian seragam. Kemudian, mereka memakai seragam tersebut dan mulai mengikuti latihan, seperti berlatih tombak, pedang.
Belenos, Apollon, dan Ra tidak tahu ampun, dan terik matahari sangat keras bagi Legiuner baru. Beberapa jam kemudian, mereka semua diperintahkan segera berangkat menuju Masilia, tempat Caesar menunggu.
Dibawah pimpinan Centurion hotelterminus, prajurit-prajurit dari Legiun 1, resimen III, Batalyon II, Century I meninggalkan Condate. Mereka semua terus berjalan, tetapi urutan konvoi telah berubah. Centurion memutuskan untuk bermalam. Sementara prajurit mereka makan dengan enaknya, kedua perwira Romawi puas dengan ransum tentara yang biasa di kemah mereka yang sangat sederhana. Setelah beristirahat dimalam yang singkat, perjalanan diteruskan, nyaman dan cepat, dalam tahap yang menyenangkan. Akhirnya mereka tiba di massilia, gerbang utama pemberangkatan untuk Afrika.
Seorang prajurit digerbang Massilia memberikan nasihat demi Yupiter, ia mengatakan bahwa para Centurion beserta prajurit-prajuritnya harus mengenakan pakaian seragam. Di Massilia, kalau kalian kelihatan dengan pakaian pesta, kalian akan dijebloskan ke penjara.
Tak lama kemudian, di markas tribun kodam di Massilia, mereka semua diberangkatkan. Julius Caesar memangkal dekat Thapsus dan menunggu untuk menyerang. Sesudah beberapa hari perjalanan, mereka tiba di pantai Afrika.
Dikemah Julius Caesar, musuh mereka Scipion menunggu di utara, Juba I raja dari Numidie dan Afranius berada di selatan. Atas perintah dari Julius Caesar, prajurit diperintahkan untuk membawa Hotelterminus. Setelah berbicara dengan prajurit yang ada disana, ternyata Tracomic sudah tidak disini lagi.
Pada malam itu, di depan pintu perkemahan, seorang prajurit HCL mengatakan pada Caesar bahwa Scipion bersiap menyerang, Caesar pun seharusnya menyerabg terlebih dahulu, tetapi ia sendiri ragu. HCL memberitahu keberadaan Tragicomic pada Asterix yang ditahan dikubu Scipion. Kubu tersebut berada disebelah utara. Saat Asterix dan Obelix ingin keluar dari sana, mereka terhalang oleh prajurit penjaga gerbang. Mereka harus menyebutkan kata sandi terlebih dahulu. Tapi, Asterix berkata bahwa kata sandi tersebut hanya digunakan saat masuk saja. Asterix pun akhirnya mendobrak pintu tersebut sekuat tenaga, sampai pintunya hancur.
Tak lama kemudian, ada seorang prajurit yang mengaduh pada Caesar tentang insiden barusan. Caesar sangat marah dan menyuruh untuk menangkap mereka. Dan tak jauh dari sana, ada patroli yang dikirim oleh caesar untuk mengejar Asterix, Obelix dan HCL. Para patroli itu bun babak belur dihajar oleh Obelix.
Sementara itu di perkemahan, Caesar akan bertindak. Dan didepan perkemahan Scipion, Asterix dan Obelix lagi lagi mendobrak pintu gerbang nya. Akhirnya terjadi perang antara pasukan Caesar dan Asterix, Obelix. Asterix bertanya pada seorang prajurit dimana tempat tahanan, ia pun memberi tahu, lalu mereka akhirnya bertemu dengan Tragicomic. Asterix menjelaskan pada Tragicomic tujuan nya untuk membawanya kembali pada Falbala.
Mereka menyaksikan Tentara Legiun Romawi melawan Legiun Romawi. Akhirnya, Scipion kecil hati. Memberi tanda untuk mundur….Julius Caesar jaya!
Mreka bertiga mengambil barang barang dari markas Caesar dan pulang ke Galia. Sesaat kemudian pasukan Caesar kembali, Obelix langsung menyerbu mereka semua sendiri. Asterix mengatakan bahwa mereka masuk dalam Legiun Caesar karena untuk membawa tragicomic kembali. Demi bakti kepada Falbala. Julius mengatakan bahwa Galia musuhnya, tetapi Asterix dan Obelix telah memberi kemenangan dan mereka berdua diberi permintaan yang akan dikabulkan. Asterix hanya meminta mereka ingin pulang, permohonan dikabulkan.
Tibalah saat perpisahan, Asterix dan kawan kawan akan segera berangkat, kapal yang disediakan Caesar sudah menunggu. Akhirnya sesudah perjalanan laut tanpa kejadian yang berarti, mereka disambut meriah di kampung Galia. Tragicomic bertemu dengan Falbala, Falbala pun mengucapkan terima kasih pada Obelix yang sudah menyerang tentara Caesar sendirian, diapun mendapat ciuman dari Falbala. Obelix yang shock karena dicium, langsung pingsan. Dan Obelix telah menemukan kembali idefixnya, rasa senangnya, babi babi hutan tercintanya, nafsu makannya, sebuah pesta besar mempersatukan kawan kawan semua…….

DAFTAR PUSTAKA
Goscinny. 2010. Asterix dan Prajurit Romawi. Jakarta: Pustaka Sinar harapan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar