Rabu, 20 Oktober 2010

Asterix dan Orang Orang Gothi

ASTERIX DAN ORANG-ORANG GOTHI

Kembali ke Tahun 50 SM. Zaman ini seluruh Galia dijajah oleh Kekaisaran Romawi, namun ada 1 pemukiman orang Galia yang selalu dan terus melawan garnisun-garnisun dari legiun Romawi yang bermarkas besar di dekat Babaorum, Aquarium, Laudanum dad Petitbonum menderita karenanya.
Di desa Galia, kediaman dukun Panoramix sedang sibuk menyiapkan perjalanannya ke Hutan karnutes untuk mengikuti lomba mengadu ilmu dengan para dukun yang lainnya untuk memperebutkan sebuah piala dan yang terpilih akan menjadi dukun terbaik untuk tahun tersebut.
Saat hendak melakukan perjalanannya ke hutan Karnutes tiba-tiba Asterix ingin mengantarkan dukun Panoramix karena ia khawatir dengan keselamatan dukun Panoramix. Namun, Panoramix menolaknya karena orang awam tidak di ijinkan menghadiri pertemuaan tersebut. Asterix terus membujuk Panoramix dan ia pun berkata bahwa ia hanya mengantarnya hingga pinggir Hutan dan akan menunggunya di sana. Tiba-tiba Obelix menghampiri mereka dan ia ingin mengikuti perjalanan tersebut. Panoramik mengijinkan mereka untuk mengikuti perjalanan tersebut.
Di perbatasan timur Galia pada saat Legiuner sedang berpatroli mereka diserang oleh orang-orang Gothi, orang-orang Gothi tersebut akan pergi ke hutan Karnutes. Diperjalanan menuju hutan, Panoramix bertemu dengan sahabat karibnya Rumitix dari Belgia. Merekapun melanjutkan perjalanan tersebut. Tiba-tiba datanglah patroli Romawi, Obelix ingin memukul mereka namun Panoramix melarangnya, karena selama pertemuan di Karnutes ada gencatan senjata dengan orang Romawi. Panoramix pun meminta izin kepada ketua patroli untuk pergi kehutan Karnutes dan ia berkata bahwa mereka adalah dukun. Ketua patroli tersebut meminta bukti bahwa mereka benar-benar dukun, pada saat Panoramix akan menunjukkan kekuatannya Rumitix melarangnya dan ia pun meminta ijin kepada Panoramix bahwa ia yang akan menunjukkan kekuatannya, Rumitix meminta salah satu dari Legiuner untyuk memakan ramuannya, saat Legiuner tersebut memakan ramuan yang di berikan oleh Rumitix Legiuner tersebut tidak dapat berbicara lagi, ia hanya dapat meringkik dan ketua patroli tersebut mengizinkan mereka untuk lewat. Tibalah mereka di hutan Karnutes. Panoramix dan Rumitix pun masuk kedalam hutan. Sedangkan, asterix dan Obelix menunggu di depan hutan.
Di tempat lain, orang-orang Gothi yang menyerang para prajurit menyelinap ke dalam hutan Karnutes, tujuan mereka adalah untuk menangkap dukun Galia yang paling pintar, mereka akan membawanya kesebrang perbatasan, disana dengan bantuan ilmu dukun tersebut mereka akan menyerang Galia dan Romawi.
Pada saat para dukun tiba di hutan karnutes keadaan hutan penuh suka ria, setiap pohon ek yang berada di hutan penuh dengan dukun yang memetik daun benalu. Para dukun berbincang masalah teknik dan perbandingan ilmu, adapun senda-gurau dan kelakar. Setelah pesta makan usai, tibalah waktunya untuk perlombaan. Sementara para dukun menyiapkan tamuan-ramuan ajaib mereka, para Gothi mengamati mereka. Dukun Codefix mendapat giliran pertama, ia menumpahkan beberapa tetes ramuan dan tidak lama kemudian tumbuhlah bunga-bunga yang indah walaupun bukan musimnya. Dukun Awalix mendapat giliran ke-2, ia melemparkan sejumput serbuk ke udara lalu turunlah hujan. Dukun Barometrix mendapat giliran ke-3 sementara di luar hutan asretix dan Obelix sedang bersantai. Rumitix medapat giliran berikutnya, dan yang terakhir adalah dukun Panoramix, ia membuat ramuan khasiat yang memberikan kekuatan yang luar biasa. Panoramix pun menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut.
Pertemuanpun berakhir Rumitix mengajak Panoramix untuk pulang bersama, Panoramix pun menerimanya. Namun, ia harus mencari barang-barangnya. Pada saat ia mencari barang-barang miliknya, ia di culik oleh orang-orang Gothi. Rumitix menunggu cukup lama hingga Asterix dan Obelix masuk ke dalam hutan karema mereka khawatir dengan Panoramix. Disana mereka menemukan helm visigothi, Asterix dan Obelix bertekat untuk mencari Panoramix, sebelum nereka pergi Asterix meminta diantara diantar ketempat panci yang dipakai untuk membuat ramuan khasiat Panoramix. Asterixpun meminum ramuan tersebut setelah itu merekapun pergi mencari para visigothi. Visigothi adalah orang-orang Gothi dari barat, ditengah perjalanan mereka bertemu dengan orang-orang romawi. Pada saat itu Asterix menggukan helm Visigothidan orang-orang Romawi beranggapan bahwa mereka adalah orang-orang Gothi, Asterix dan Obelix memukuli mereka hingga tak ada satupun dari mereka yang sanggup melawan Asterix dan Obelix. Setelah meminum ramuan Panoramix, Asterix berubah menjadi kuat seperti Obelix. Di suatu pos Romawi para patroli kembali dan melaporkan bahwa mereka telah menemukan orang-orang gothi namun mereka telah dikalahkan . ketua patroli tersebut menggambarkan wajah Asterix dan Obelix, jendralpun menyuruhnya untuk membuat kopian dari gambar tersebut dan sebarkan kesetiap benteng daerah, dan para kurir pun berangkat kesetiap daerah. Tak lama kemudian Obelix mendengar ada yang datang, merekapun naik keatas pohon, ternyata seorang legiuner romawi, Obelix pun menangkap legiuner tersebut. Ternyata ditangan legiuner tersebut terdapat potret asterix dan Obelix. Orang-orang Romawi tersebut mengejar mereka, sebenarnya kekacauan terbesar timbul di hutan hanya orang Gothi saja yang tidak bingung.
Asterix dan Obelix naik keatas pohon untuk mencari para legiuner, mereka akan merampas pakaian para legiuner karena mereka akan menyamar menjadi orang-orang Romawi. Mereka menemukan para legiuner dan menyamar menjadi orang-orang Romawi. Saat di perjalanan mereka bertemu dengan para legiuner lainnya, para legiuner tersebut menemukan kawan mereka sesama legiuner yang diserang Asterix dan Obelix. Kedua legiuner tersebut dalam keadaan terikat namun para legiuner menganggap mereka para Gothi. Merekapun membawanya ke pos Romawi. Pada saat ikatan mereka dibuka ternyata mereka adalah para legiuner batalyon III. Setelah orang Romawi mengetahui bahwa orang Gothi yang mereka cari menyamar sebagai orang Romawi, kekacauan semakin menjadi karena orang Romawi saling tangkap menangkap.
Sementara itu Asrerix dan Obelix sudah kembali berpakaian Galia, dan orang-orang Gothi yanmg telah menyebabkan kekacauan-kekacauan ini telah kembali ke Jerman negeri mereka tanpa halangan. Diperbatasan Galia dan Jermania penjaga perbatasan diserang oleh para Gothi. Tak lama kemudia iapun diserang oleh Asterix dan Obelix, petugas perbatasan melaporkan kejadian tersebut kepada atasannya namun atasannya tidak mempercayai perkataan bawahannya dan menyuruhnya untuk berjaga kembali.
Para Gothi tersebut membawa panoramix menghadap Teleferix pemimpin besar orang-orang Gothi. Setelah tiba di jermania Asterix dan Obelix bertemu dengan para Gothi. Para Gothi tersebut marah dan menyerang Asterix dan Obelix, namun mereka kalah. Asterix menarix Obelix ke dalam semak-semak dan Asterix pun berkata kepada Obelix bahwa mereka akan menyamar sebagai orang Gothi.
Setelah mereka menyamar sebagai orang Gothi, Asterix melarang Obelix untuk berbicara dengan orang-orang Gothi karena mereka tidak dapat berbahasa Gothi. Sementara waktu, teleferix sang pemimpin sedang menunggu kedatangan kloridrik sang penerjemah, teleferix menyuruh Kloridik untuk menanyakan kepada Panoramix, apakah ia siap untuk mengyumbangkan kekeuatan gaibnya kepada Gothi. Apabila ia menolaknya maka Teleferix akan membunuh Panoramix dan kloridrik, Panoramix menolaknya namun Kloridrik berbohong ia, berkata bahwa ia siap untuk menolong para Gothi.
Ketika Asterix dan Obelix binggung kemana mereka harus mencari Panoramix, para prajurit lewat dan merekapun masuk kedalam barisan tersebut dan berniat pada malam hari mereka akan melarikan diri dan mencari Panoramix. Mereka diberi tugas untuk menyapu dan setelah menyapu mereka disuruh mengikuti latihan seperti yang lainnya. Malam haripun tiba, Asterix dan Obelix melarikan diri. Dan Kloridrikpun melarikan diri dari Jermania namun gagal karena ia tertangkap basah oleh ketua prajurit. Asterix dan Obelixpun tertangkap asah hendak melarikan diri seperti Kloridrik sang pemerjemah, mereka bertiga di masukan ke dalam penjara. Ketika ketua prajurit tersebut pergi, Asterix mengajak Obelix pergi dan menyuruhnya membawa kloridrik pergi bersama mereka, dia dibutuhkan mereka untuk mencari Panoramix. Mereka mengetahui bahwa Kloridrik dapat berbahasa Galia, dan memintanya untuk mengantarkan mereka ke tempat Panoramix. Merekapun kembali ke kota, di kta keadaan sedang genting. Dimana-mana terdapat patroli yang telah mengetahui bahwa mereka melarikan diri, Kloridrik berteriak dan para patroli menghampiri mereka namun Asterix dan Obelix lari. Mereka pergi ke jalan buntu dan para patrolipun berhasil mengejar mereka, namun dengan kekuatan Asterix dan Obelix berhasil mengalahkan mereka. Terdapat satu patroli lagi, Asterix dan Obelix pun menyerah.
Patroli tersebut membawa mereka bertiga ketempat Teleferix dan disana terdapat panoramix, panoramixpun berkata kepada Teleferix bahwa penerjemah telah membohongi dirinya, sebenarnya Panoramix dapat berbahasa gothi, Teleferixpun marah dan memasukkan mereka semua kedalam penjara.
Kloridrik tidak henti-hentinya meratapi nasibnya didalam penjara, Obelix pun merasa sebal dan memukulnya hingga pingsan. Pada saat penerjemah pingsan Panoramix dan kedua kawannya menyiapkan rencana, rencana Panoramix adalah mengubah pikiran orang Ghoti agar mereka tidak menyerang Galia. Ia menggunakan Kloridrik untuk menjalankan rencananya. Obelixpun membangunkan Kloridrik dan Panoramix pun mulai menjalankan rencananya, ia berkata kepada Kloridrik bahwa ia akan membuat dirinya menjadi orang gothi yang paling kuat sehingga tidak ada yang dapat mengalahkan dirinya.
Panoramix menyuruh Obelix untuk memanggil penjaga. Panoramix berkata kepada penjaga untuk meminta izin kepada Teleferix, bahwa mereka ingin memakan sup galia untuk yang terakhir kalinya dan Panoramikpun memberikan resep tersebut kepada penjaga.
Teleferik sedang mendengarkan acara yang direncanakan untuk perayaan keesokan harinya, penjaga penjara menyampaikan pesan dari Panoramix dan Teleferixpun mengijinkannya. Tak lama kemudia, penjaga penjara tersebut telah membawa perlengkapan yang dibutuhkan Panoramix dan telah memperbaiki pintu penjara yang telah dirusak oleh Obelix. Iapun memberikannya kepada Panoramix, tak lama kemudian Panoramix keluar dan meminta sedikit garam dengan keadaan pintu yang telah dirusak kembali oleh Obelix, penjaga penjarapun marah. Setelah ramuan panoramix selesai dibuat, panoramix meminta Asterix untuk meminum sedikit ramuan tersebut dan Obelix pun menginginkannya namun dilarang oleh panoramix karena ketika Obelix masih bayi ia pernah terjatuh kedalam panci ramuan yang dibuat oleh Panoramix dan efeknya adalah permanen.
Kloridrik pun meminum ramuan tersebut. Hari penghukuman pun tiba, mereka dibawa ketengah-tengah arena, Kloridrik menuntut giliran pertama. Tangan dan kakinya pun diikat, ikatan tersebut tersambung dengan para kuda yang siap merobek tubuhnya, namun kuda-kuda tersebut tidak dapat merobek dirinya. Kloridrikpun dilepaskan dan mengambil alih kekuasaan Teleferik. Teleferik pun di masukkan kedalam penjara, tak lama kemudian asterix mengunjungi Kloridrik untuk meminta ijin bahwa ia ingin mengunjungi Teleferik, ia ingin menggodanya. Kloridrikpun mengijinkannya.
Didalam penjara panoramix berhasil menghasut Teleferik dan memberikannya ramuan yang pernah ia buat, Teleferik menghampiri Kloridik dan perkelahianpun terjadi. Keduanya akan sibuk saling menghajar dan Asterixpun terus menyebabkan kekacauan dan kekeliruan. Sehingga terjadi pertempuran antara golongan-golongan yang berlainan. Asterik, Obelix dan Panoramixpun kembali ke Galia, dengan tenangnya mereka mendekati perbatasan Galia. Ketika mereka sampai didesa mereka, keadaan desa begitu sepi. Asterixpun memanggil para warga, tak lama merekapun bermunculan. Setelah mereka mendengar cerita dari Rumitix Mereka mengira Panoramix, Obelix dan Asterix telah hilang untuk selama-lamanya. Malam hari mereka berpesta, tertawa-tawa, minum-minum dan makan babi panggang sambil menceritakan pengalaman mereka dengan panjang lebar.

Tokoh-tokoh Galia

•Asterix adalah tokoh petualangan ini. Ia seorang prajurit yang cerdik dan cekatan. Tugas-tugas yang sangat berbahaya dipercayakan padanya tanpa ragu ragu. Asterix memperoleh kekuatan yang luar biasa dari ramuan khasiat buatan dukun Panoramix.
•Obelix adalah sahabat karib Asterix. Pekerjaan nya sehari hari, mengantar pesanan batu menhir dan menggemari babi panggang. Ia bersedia meninggalkan segalanya untuk mengikuti asterix dalam petualangan baru. Syarat mutlak : BABI PANGGANG DAN PERTEMPURAN YANG SERU!!!
•Panoramix adalah dukun terpercaya di desa itu. Ia memetokkan benalu untuk membuat ramuan-ramuan yang berkhasiat. Puncak keberhasilannya adalah ramuan yang member tenaga dalam luar biasa bagi manusia yang mereguknya. Selain itu Panoramix masih memiliki resep-resep lain.
•Assurancetourix adalah seorang penyanyi. Ada dua macam pendapat mengenai bakatnya. Ia sendiri menganggap dirinya sangat berbakat, sedangkan yang lain sama sekali tidak menganggapnya. Namun ia dapat menjadi kawan yang menyenangkan dan disukai, yaitu bila ia diam saja.
•Yang terakhir adalah Abraracourcix yaitu pemimpin masyarakat desa ini. Prajurit tua yang gagah ini seorang pemberani yang bijaksana. Ia dihormati anak buah nya dan ditakuti musuhnya. Abraracourcix hanya takut satu hal yaitu bahwa langit akan runtuh menimpanya. Tetapi seperti biasa ia selalu mengatakan : “HARI KIAMAT BUKAN ESOK HARI”.

DAFTAR PUSTAKA
Goscinny. 2010. Asterix dan orang-orang Gothi. Jakarta: Pustaka Sinar harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar