Kamis, 30 September 2010

Français le croissant?


Roti croissant ternyata berasal dari Austria dan lahir ditahun 1683 ketika pasukan tentara Turki menduduki kota Wina yang kemudian menjadi asal usul kata viennoiserie yang digunakan untuk menyebut pembuatan roti ini.
Ceritanya pada suatu malam, para pembuat roti di kota Wina yang sedang berada ditempat pembuatan roti mendengar bunyi pasukan tentara kerajaan Ottaman. Merekapun memberikan tanda peringatan sehingga serangan musuh dapat dicegah. Untuk membalas jasa, raja memberikan mereka izin pembuatan roti khusus untuk mengabadikan peristiwa ini. Maka lahirnya Hornchen, kata Bahasa Jerman yang berarti “tanduk kecil”, seperti bulan sabit yang menghiasi kerajaan Ottaman turki.
Versi lain di ciptakannya roti croissant juga berasal dari tahun 1683. Seorang pemilik warung kopi bernama Kolschitsky yang setelah mengumpulkan kantong-kantong kopi yang ditinggalkan orang Turki mungkin berinisiatif menyajikan kopi disertai kue berbentuk bulan sabit untuk mengenang kepergian penjajah.
Jadi, bagaimana bisa roti croissant muncul di Perancis?
Marie Antoinette asal kota Wina lah yang secara resmi memperkenalkan dan mempopulerkan roti ini di Perancis sejak tahun 1770. Namun demikian kue berbentuk bulan sabit tampaknya sudah ada sebelumnya di Perancis karena dalam daftar warisan budaya makanan Perancis yang dibuat oleh Pusat seni masak-memasak nasional Perancis, ditemukan istilah “empat puluh kue bulan sabit” yang disajikan pada acara makan yang diselenggarakan oleh Ratu Catherine de Médicis di Paris pada tahun 1549. Bisa jadi saat itu dimaksudkan untuk memperingati persekutuan yang telah terjalin selama beberapa dekade antara Raja François dengan Le grand Turc.
Baru pada tahun 1920 lah para pembuat roti kota Paris menciptakan roti bulan sabit dengan adonan berlapis seperti yang kita kenal sekarang.

Et bien non! Le croissant est en réalité autrichien en son origine remonte à 1683, l’année où les Turcs ont assiégé Vienne, d’où le terme de viennoiserie utilisé pour qualifier ce type de préparation.
L’histoire, une nuit, les boulangers de Vienne, qui étaient déjà à leur fournil, entendirent le bruit de sape de l’armée ottomane et donnèrent l’alarme, repoussant ainsi l’assaut de l’ennemi. Pour récompenser les boulangers, le roi leur accorde le privilège de fabriquer une pâtisserie qui immortalisera l’événement. C’est ainsi que naît le Hörnchen, “petite corne” en Allemend, allusion au croissant qui orne le drapeau ottoman.
Une autre version existe et attribue. L’invention du croissant, toujours en 1683, à un cafetier de Vienne, nommé Kolschitsky, lequel ayant récupéré des sacs de café laissés par les Turcs lors de leur départ précipaté, aurait eu l’idée de servir ce café accompagné d’une pâtisserie en forme de croissant en souvenir du départ de l’occupant.
Mais alors, comment le croissant s’est il retrouvé en France?
C’est Marie Antoinette, originaire de Vienne, qui a officiellement introduit et popularisé le croissant en France à partir de 1770. Cependant, de gâteaux en forme de crroissant semblent avoir déjà existé dans le pays bien avant, puisque dans l’inventaire du patrimoine culinaire Français, réalisé par le Centre national des arts culinaires, on découvre la mention de “quarante gâteaux en croissant” servis à l’occasion d’un banquet offert par la reine Chaterine de Médicis en 1549 à Paris. Il se peut que l’intention ait été alors de commémorer l’alliance quelques décennies auparavant de François ler avec le Grand Turc.
Dans tous les cas, ce n’est qu’à partir de 1920 que les boulangers parisiens ont créé le croissant feuilleté au beurre que nous connaissons actuellement.
Croissant adalah sejenis pastry yang berasal dari Perancis, dinamai karena bentuknya mirip sabit. Membuat croissant dengan tangan membutuhkan kesabaran karena dapat memakan waktu beberapa hari. Saat ini croissant dalam jumlah besar biasanya dibuat dengan mesin. Di Perancis, croissant biasanya dijual tanpa isi dan dimakan tanpa tambahan mentega. Di negara-negara lain, croissant juga diisi dengan cokelat, daging, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar